Bakoppak

Musim Pendakian Gunung Rinjani Dibuka 26 Maret

Diposting oleh bakoppak | 3/18/2009 10:43:00 AM |

Hello....!!
Gimana kabarnya bung bing semuanya, Sudah lama gak posting neh kemarin pas browsing di situs tetangga gue nemuin berita bagus khususnya buat penggemar naik-naik gunung atau yang suka nyaponi gunung lor nyaponi gunung kidul bahwa Musim pendakian Gunung Rinjani,Provinsi Nusa Tenggara Barat(NTB) tahun 2009 akan dibuka oleh pengelola Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) mulai 26 Maret mendatang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB), Lalu Gita Ariadi, di Mataram, Minggu, mengatakan, Kepala TNGR, Arief Toengkagie, telah mengundang Gubernur NTB, KH. M. Zainul Majdi, untuk membuka secara resmi musim pendakian tahun 2009 itu.

"Pak Arief sudah menemui Gubernur (Zainul Majdi, red) untuk membuka musim pendakian Gunung Rinjani tahun 2009, yang dijadwalkan 26 Maret," ujarnya.

Ariadi menambahkan, jika Gubernur NTB membuka musim pendakian itu maka para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait juga wajib menghadiri acara tersebut.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB telah memasukkan kegiatan pendakian Gunung Rinjani atau `Rinjani Race` dalam agenda pariwisata tahunan yang dimulai tahun 2008 untuk mendukung target kunjungan wisatawan mancanegara.

TNGR merupakan kawasan wisata andalan NTB yang telah dikenal dunia internasional karena pada Tahun 2004 menerima penghargaan dunia yakni `World Legacy Award` dari National Geographic sebagai daerah wisata yang berhasil mengembangkan pariwisata berbasis ekowisata.

Tahun 2008 pun TNGR termasuk tiga finalis `Tourist for Tourism Award` untuk kategori `Destination Award` yang diselenggerakan oleh World Tourist and Tourism Council (WTC) yang bermarkas di London, Inggris.

Dua finalis lainnya merupakan obyek wisata di Amerika Serikat dan Kanada yang mampu menyaingi 147 obyek wisata lainnya dari 40 negara di bidang pengelolaan kepariwisataan yang tetap memperhatikan aspek pemberdayaan masyarakat setempat.

Selain itu, TNGR pun telah diusulkan untuk ditetapkan sebagai geopark (taman bumi) yang akan menambah jumlah geopark dunia yang saat ini berjumlah 53 buah dan tersebar di 17 negara di bawah jaringan United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Saat ini, Balai TNGR masih menutup jalur resmi pendakian Gunung Rinjani terhitung 2 Januari lalu, terkait cuaca buruk (hujan dan angin kencang).

Sebagaimana biasa, jalur resmi pendakian ke Gunung Rinjani dibuka untuk umum setiap tahun yang dimulai pertengahan April hingga awal Desember.

Kawasan TNGR di Kabupaten Lombok Barat seluas 12.360 hektar meliputi dua kecamatan dengan 15 desa, Lombok Tengah seluas 6.824 hektar yang mencakup dua kecamatan tersebar pada lima desa dan Kabupaten Lombok Timur pada tujuh kecamatan yang tersebar pada 17 desa dengan luas kawasan 22.146 hektar.

Salah satu pesona unggulan TNGR adalah Danau Segara Anak yang berada pada ketinggian 2.010 meter dari permukaan laut. Danau Segara Anak yang berada di sebagian Gunung Rinjani yang tingginya mencapai 3.726 meter dari permukaan laut.

Untuk mengunjungi Danau Segara Anak dapat melalui dua jalur resmi yakni jalur pendakian Senaru dengan waktu tempuh 7-10 jam berjalan kaki karena jaraknya kurang lebih delapan kilometer, dan jalur Sembalun dengan waktu tempuh relatif sama yakni 8-10 jam.

Pengunjung yang sudah berada di Danau Segara Anak masih membutuhkan waktu empat hingga lima jam untuk menggapai puncak Gunung Rinjani melalui jalur pendakian yang ditetapkan, namun melewati kawasan hutan.(*)

Sumber: Antara News - COPYRIGHT © 2009