Bakoppak

jelajah arjuno welirang

Diposting oleh bakoppak | 2/07/2009 06:29:00 PM | | 1 komentar »


oleh udcok

Perjalanan Tim Jejak Arjuno-Welirang Bakoppak (JAWB), mencoba berbagi informasi pada bung/bing yang mempunyai hajatan Pendakian ke Gunung Arjuno - Welirang. Tim BAKOPPAK yang terdiri lima personel yang dimotori Bung Udcok, Ni’am, Gelex, Sithom n’ Sonhaji, melakukan perjalanaannya JAWB dari Base Camp bakoppak Pkl. 16.30 s/d Pos PHPA Tretes Pkl. 03.00 Wib, untuk lebih jelasnya bisa dilihat pd scedule perjalanan (hal. .....). Puncak JAWB terletak pada satu gunung yang sama, info yang diperoleh Tim Jejak Arjuno-Welirang Bakoppak Pendakian GAW dapat didaki dari dua arah, Arah Utara (Tretes) dari Surabaya naik Bus ke Jurusan Malang berhenti di Pandaan oper kendaraan Colt ke Tretes. Tretes merupakan tempat wisata dan Hutan wisata bagi pecinta alam terbuka (out door), yang mungkin hanya ingin melepaskan kejenuhan, rekreasi keluarga, camping atau hakking. Dihutan wisata Tretes terdapat bumi perkemahan, air terjun yang dinamakan Kakek Bodo, Hotel maupun losmen. Panorama keindahan n’ Kesejukan terpancar dari kamar jendela hotel diwaktu pagi, sore n’ malam tatkala lampu-lampu kota bersinar redup menerangi dikejauhan.
Pagi hari setelah istirahat sejenak, Tim Jejak Arjuno-Welirang bergegas menyiapkan segala perlengkapannya mulai dari Packing, mengurus perijinan di PHPA Tretes dll. Tim berjalan ke Barat Daya 12.30 Wib singgah di Kopkopan, Tim berhenti sejenak melihat penduduk disekitar JAWB pemandangan yang tdk pernah kami duga n’ tdk disangka diketinggian mencapai 2550 m lebih masih ada aktivitas penduduk mencari nafkah dengan mengumpulkan bijih belerang untuk dijual dan diangkut oleh Mobil Off Roud. Hampir sekitar 20-30 orang buruh mencari dan membawa batu belerang ke Tretes. Di Pos Kopkopan Tim juga menemui pedangang n’ air yang melimpah untuk masak maupun mandi. Setelah melepas lelah Tim meranjak melanjutkan perjalanan ke Pondokan Pkl. (tekokke Sitom lali nda.....!!) setelah sampai di Pondokan Tim mendirikan tenda untuk nge-camp. Canda n’ kentut pun menjadi bahan tawa bersama tuk mengukir kenangan selingi hembusan angin malam yang menusuk tubuh letih kami, larut malam iringi Koki Sonhaji siapkan masakan nasi Pecel, ikan tempe dan gereh, serta minumanan bagi Tim untuk makan malam.
Pagi Pkl. 03.00 Tim melanjutkan perjalanan ke Puncak Arjuno dengan bekal yang perlu dibawa, seperti air yang kami ambil dari mata air di Pondokan adalah sumber mata air yang terakhir/tertinggi, kami pun siap berangkat n’ giliran bung Gelex jaga tenda. Dengan perut yang belum terisi makanan kami pun berjalan menahan rasa
kantuk yang tak dapat kami sembunyikan, setapak demi setapak kami lalui memandangi burung-burung berkicau, tapak-tapak babi hutan, tarian pohon cemara yang ditiup angin pagi mengusir rasa kantuk kami n’ Tim sampai hutan “Lali Jiwo” istirahat sejenak n’ memandang tempat yang dinamakan “Pasar Dieng” ketinggiannya hampir sama dengan puncak G. Arjuno dan terdapat batu-batu yang sebagian tersusun rapi seperti pagar dan tanahnya rata agak luas. Tim melanjutkan perjalanan melalui padang rumput jalannya menanjak dan curam. Mencekati puncak terdapat bebatuan banyak menyerupai taman setelah itu kita sampai “Puncak Arjuno” disebut juga dengan “Puncak Ogal-Agil” atau “Puncak Ringgit” dengan ketinggian 3.339 m dpl, suhu







udara mencapai 5-10 oC. Tak luput dari ingatan kami untuk mengabadikan Gunung Kembar I n’ Gunung. Kembar II, yang hanya dipsahkan jurang dengan G. Arjuno.
Sungguh moment yang sangat berharga dan pengalaman
yang tak dapat terlupakan bagi Tim Jejak Arjuno-Welirang BAKOPPAK 2004.
Keindahan yang dicipkatakan oleh Yang Maha Kuasa kami pandangi n’ abadikan begitu agung dan sempurnnya. Ingin rasanya berlama-lama tinggal dipuncak dengan menikmati keagungan-Nya, tapi apalah daya tubuh kami mengigil kedinginan di Puncak Arjuno. Tim Pendakian JAWB pun memutuskan untuk kembali ke Pos Pondokan,
Di Pos Pondokan melihat bung Gelex sedang asyik tidur,
Kemi yang kecapekan setelah dari puncak setelah itu memasak sarapan pagi acara nyantai-nyantai menghilangkan kelitihan. Di Pondokan kami bertemu dengan pendaki dari Mapala Tursina (UIN) dan Mapala Muhammadyah Malang, kita pun ngobrol bareng dan kenalan dengan satu-satunya cewek tomboy yang ikut dalam Tim Mapala malang kita pun berbagi cerita. Sekain dari Utara (Tretes) melalui Timur (Kota Lawang) dengan jalur perkebunan teh Wonosari bagian utara, Oro-oro ombo (tmpt Berkemah) hutan cemara, hutan tropis, perdu perjalanan turun ± 6 jam dari Puncak Arjuno ke Lawang dan dari Barat (Batu-Selecta). Kota Batu terdapat tempat wisata yang memiliki sumber air hangat dari kaki G. Welirang, keadaan Tidak beda jauh dari Tretes dari arah Kediri/ Malang menuju Batu dapat naik Bus/Colt (angkutan pedesan). Selecta salah satu tempat wisata yang ada di Kota Batu dengan ketinggian 1.200 m dpl dari permukaan laut. Desa terakhit yaitu Kebonsari, untuk perjalanan kepuncak-kembali harus menyiapkan secukupnya di desa tersebut. Pendakian melewati ladang sayur-sayuran, jalan setapak menuju ke arah timur laut dan terus melewati hutan tropika.
Setelah ngobrol dan istirahat siang senja pun tiba Tim JAWB siap-siap berangkat perjalanan Pendakian di Puncak Welirang. Dari pondokan perjalanan ke Welirang arah kanan dan Puncak Arjuno arah ke kiri, perjalanan ke G. Welirang akan melewati hutan cemara, jalannya berbatu dan ada juga jalan yang dilalui pencari bijih belerang (jalan gerobak). Perjalanan yang Tim JAWB tempuh dari Pondokan ke Puncak G. Welirang hanya 1 jam, tepat Pkl 18.00 Wib Tim JAWB sampai di ”Puncak Welirang”. Sayangnya kita tidak dapat menikmati pemandangan dibawah puncak G. Welirang yang terdapat sebuah kawah yang menyemburkan gas belerang. Tim JAWB ± 30 menit di puncak Welirang kemudian kembali lagi dan bermalam di Pondokan. Pagi hari menyambut dengan cerianya temani kami kelelahan dalam Jejak Arjuno-Welirang Bakoppak 2004. setelah bangun kami pun menyiapkan untuk sarapan pagi. Koki kita bung Sonhaji siap memasak sesekali disambut tiupan angin kencang menunggu masakan dengan sabar koki nan setia nenyiapkan menu masakan nasi pecel terong bakar, sosis sapi minuman untuk memulihkan stamina, penyakit kenyang pun mengerang Tim JAWB..!? dirasa sudah cukup dengan misi Tim JAWB bersih-bersih sampah, Packing peralatan truuuss kembali ke Tretes, sesampai di PHPA Tretes Pkl. 13.00 Wib, bersih-bersih badan (mandi), makan, dari Tretes naik Colt (angkut Pedesaan) ke Pandaan (Bus Malang - Surabaya), (Bus Surabaya-SMG), (mini Bus Smg-Sukorejo/Limpung), Syukur Alhamdhulillah Tim JAWB selamat semua sampai Base Camp BAKOPPAK Bobox + Ngorok, SAYOOO....NA...RAAAK.

1 komentar

  1. dodos // Kamis, Februari 12, 2009 12:56:00 AM  

    Keyeennnn aci...acik ... enak nuh bs jelajah gunung luar jawa ....
    lagi yg menantang dung...
    jgn lupa jurnalistik na loo sing lebih komplit

Posting Komentar

Bung dan bing ... sekalian mohon untuk kasih kritik dan saran , agar blog ini bs lebih baik dan bermanfaat..
salam lestari....!!!